KEGIATAN PENYULUHAN PADA IBU BALITA TENTANG PENTINGNYA IMUNISASI BAGI BATITA DI Kp MARGAMULYA DESA CIKUNIR KECAMATAN SINGAPARNA TASIKMALAYA TAHUN 2018

Authors

  • annisa Rahmidini STIKes Respati Tasikmalaya
  • chanty Yunie STIKes Respati Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.48186/abdimas.v2i1.152

Keywords:

penyuluhan, imunisasi

Abstract

Imunisasi dalam sistem kesehatan nasional adalah salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita. Dasar utama pelayanan kesehatan, bidang preventif merupakan prioritas utama, dengan melakukan imunisasi terhadap seorang anak atau balita, tidak hanya memberikan perlindungan pada anak lainnya, karena terjadi tingkat imunitas umum yang meningkat dan mengurangi penyebaran infeksi (Ranuh dkk, 2011).

Imunisasi dasar adalah pemberian imunisasi awal pada bayi untuk mencapai kadar kekebalan di atas ambang perlindungan (Depkes RI, 2012). Jenis- jenis imunisasi dasar, yaitu: BCG, yaitu imunisasi dasar yang diberikan untuk mencegah penyakit TBC. Kemudian imunisasi dasar Hepatitis B, yang diberikan untuk mencegah penyakit hepatitis B. Selanjutnya DPT, yaitu imunisasi dasar yang diberikan untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Kemudian imunisasi dasar Campak, yang diberikan untuk mencegah penyakit campak dan yang terakhir imunisasi dasar Polio, yang diberikan untuk mencegah penyakit polio (IDAI, 2014).

Salah satu dari 8 tujuan MDGs pada poin keempat adalah menurunkan angka kematian bayi dengan meningkatkan status imunisasi terutama imunisasi dasar lengkap pada bayi karena imunisasi merupakan hal yang wajib untuk melindungi bayi dari penyakit yang kerap menyerang. Namun, cakupan imunisasi dasar masih di bawah target (Priyono, 2010).

 

 

Cakupan imunisasi dasar di Desa Cikunir sudah mencapai angkat 80-90%, akan tetapi target cakupan imunisasi dasar yaitu 100% sehingga seluruh batita yang ada di Desa Cikunir mendapatkan imunisasi dasar. Untuk meningkatkan cakupan target tersebut perlu adanya kesadaran dari ibu yang memiliki batita untuk dapat membawa batitanya ke posyandu sehingga mendapatkan imunisasi dasar sesuai dengan jadwal pemberiannya.

Berdasarkan hal tersebut maka perlunya dilakukan penyuluhan kepada ibu yang memiliki batita tentang pentingnya imunisasi dasar dan jadwal imunisasi, sehingga setiap batita mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

 

Downloads

Published

2019-11-13