PENYULUHAN KESEHATAN DAN PEMBENTUKAN KOMUNITAS ANTI HIPERTENSI DI RW 04 DESA CIKADONGDONG KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2020

Authors

  • Herna
  • Wuri Ratna Hidayani

Keywords:

Komunitas, Antihipertensi, Penyuluhan, Pembentukan

Abstract

Data World Health Organization (WHO) tahun 2015 menunjukkan sekitar 1,13 Miliar orang di dunia menyandang hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Jumlah penyandang hipertensi terus meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 Miliar orangĀ  yang terkena hipertensi, dan diperkirakan setiap tahunnya 10,44 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasinya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sasaran tentang pola hidup dan pencegahan hipertensi serta pembentukan komunitas anti hipertensi Di RW 04 Desa Cikadongdong Kabupaten Tasikmalaya.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah 19 orang kepala keluarga dan 4 orang kader posyandu d Di RW 04 Desa Cikadongdong Kabupaten Tasikmalaya.Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan yang mencakup tahapan perencanaan, persiapan, sosialisasi, pelaksanaan , pelaporan. Untuk kegiatan edukasi dilaksanakan pada bulan Maret - April 2020 di Di RW 04 Desa Cikadongdong Kabupaten Tasikmalaya.

Kesimpulan dari kegiatan ini dimana kegiatan penyuluhan tentang pola hidup sehat bagi penderita hipertensi telah dilaksanakan sesuai perencanaan dan telah berhasil meningkatkan pemahaman sasaran. Sedangkan kegiatan pembentukan komunitas anti hipertensi telah terpilih 4 orang kader yang bertugas mendorong para penderita hipertensi untuk rutin melaksanakan pengecekan tekanan darah sekaligus mengikuti kegiatan edukasi kesehatan penanganan hipertensi di pelayanan posbindu.

Published

2022-10-17