MENINGKATKAN KESADARAN WANITA USIA SUBUR DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS MELALUI PEMERIKSAAN IVA DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN

Authors

  • Riska Setiawati
  • Lilis Suryani
  • Uway Wariah

Keywords:

Deteksi Dini, Kanker Serviks, Wanita Usia Subur

Abstract

Kanker serviks merupakan penyakit yang terjadi pada leher rahim (serviks). Kanker serviks menempati urutan kedua dari seluruh jenis kanker pada perempuan dengan insiden 9,7% dan jumlah kematian 9,3% dari seluruh kanker pada perempuan di dunia. Mengkaji masalah penanggulangan kanker serviks yang ada di Indonesia dan adanya pilihan metode yang mudah diujikan di berbagai Negara membuat metode IVA (inspeksi visual dengan aplikasi asam asetat) layak dipilih sebagai metode screning alternative untuk kanker serviks. Menurut (Kementrian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi Kesehatan, 2015), IVA merupakan program yang sedang digalangkan dalam meningkatkan pelaksanaan pencegahan dan deteksi dini kanker serviks pada wanita di Indonesia mulai tahun 2015-2019.

Tujuan Umum, untuk melakukan deteksi awal kanker serviks pada wanita usia subur sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya melakukan pemeriksaan IVA. Tujuan Khusus 1)Meningkatnya motivasi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 2)Meningkatnya jumlah wanita usia subur yang melakukan deteksi dini kanker leher Rahim. 3)Meningkatnya penemuan lesi prakanker dan stadium dini kanker leher. 4)Terlaksananya perluasan informasi tentang penyakit kanker, faktor risiko kanker dan upaya pengendaliannya

Adapun sasaran dari pengabddian masyarakat ini adalah wanita usia subur yang sudah menikah  yang ada di wilayah sekitar. Jumlah wanita usia subur yang melakukan pemeriksaan sejumlah 32 orang. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Praktik Mandiri Bidan wilayah kerja Puskesmas Rengasdengklok Kabupaten Karawang pada tanggal 22 Juni 2022, dimulai pada pukul 08.00 s.d 12.00.

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah penyuluhan mengenai pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA). Dapat meningkatkan kesadaran wanita usia subur dalam melakukan deteksi dini kanker serviks.  

 

Published

2022-10-17