FORUM KABUPATEN SEHAT DI KABUPATEN TASIKMALAYA “DEKLARASI KENDALIKAN STUNTING DI WILAYAH KABUPATEN TASIKMALAYA”

Authors

  • Dadan Yogaswara, S.KM, M.KM

Keywords:

Deklarasi, Stunting

Abstract

Terdapat dua program pemerintah mengenai intervensi anak kerdil (stunting) yakni intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitive. Pada intervensi gizi spesifik dibagi Kembali menjadi beberapa sasaran kebijakan diantaranya ibu hamil, ibu menyusui dan balita usia 0-6 bulan serta ibu menyusui dan balita usia 7-23 bulan. Sedangkan pada intervensi gizi sensitive beberapa diantaranya meliputi penyediaan dan memastikan akses terhadap air bersih, menyediakan dan memastikan akses terhadap sanitasi, melakukan fortifikasi bahan pangan, menyediakan Jaminan Kesehatan Nasioanal (JKN), memberikan Pendidikan pengasuhan pada orang tua, memberikan Pendidikan Usia Dini (PAUD) universal, dan lainnya.

Kegiatan ini menggalang dukungan terhadap upaya penurunan stunting  di Kabupaten Tasikmalaya dengan melibatkan berbagai pihak, baik swasta, pemerintahan serta perguruan tinggi.

Sasarannya adalah OPD Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, swasta dan perguruan tinggi yang berkomitmen untuk menurunkan kejadian stunting di Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu dari bulan Desember 2018-Januari 2019 di Kabupaten Tasikmalaya.

Terlaksana komitmen Bersama untuk menyelesaikan permasalahan stunting di Kabupaten Tasikmalaya. Berbagi peran dalam penyelesaian permasalahan stuting di Kabupaten Tasikmalaya. STIKes Respati berperan di pengolahan data stunting dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian.

 

Published

2022-10-17