GAMBARAN POLA ASUH BAYI PADA IBU YANG MENIKAH USIA DINI DI KECAMATAN PAMULIHAN KABUPATEN SUMEDANG TAHUN 2018

Authors

  • UPUS PIATUN KHODIJAH STIKes Respati Tasikmalaya
  • WINDY NOVIANITA HIDAYAT STIKes Respati Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v10i1.102

Keywords:

Pola Asuh, Pernikahan Usia Dini, Ibu Bayi

Abstract

Pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat relative konsisten dari waktu ke waktu. Saat ini banyak ditemukan kasus yang sering terjadi pada anak karena orangtua yang menikah usia dini menjadikan orangtua sebagai sosok penelantar. Orangtua yang menikah usia dini belum ada kestabilan emosi sedangkan orangtua adalah teladan pertama bagi pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh bayi pada ibu yang menikah usia dini di kecamatan pamulihan kabupaten sumedang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Puskesmas Pamulihan. Populasi dalam penelitian ini adalah 52 ibu bayi yang menikah usia
kurang dari sama dengan 20 tahun di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang menggunakan total sampling. Analisis datanya berupa analisis univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pola asuh bayi pada ibu yang menikah usia dini di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang adalah baik.
Pola asuh ibu yang baik diperoleh dari adanya pendidikan kesehatan dari petugas kesehatan Lima indikator dari pola asuh yang sudah baik, yaitu praktik menyusui dan pemberian MP-ASI, pengasuhan psikososial, penyiapan makanan, kebersihan diri dan sanitasi lingkungan dan praktek kesehatan dirumah dan pola pencarian kesehatan sebagian besar berkategori baik. Namun dalam indikator perawatan dan perlindungan ibu terhadap anaknya masih kurang. Saran pada penelitian ini petugas kesehatan perlu menjaga dan meningkatkan kegiatan penyuluhan atau memberikan pembekalan kepada ibu yang akan melakukan pernikahan dini, sehingga ibu muda sudah mempunyai bekal untuk menghadapi hidup sebagai seorang ibu.

Published

2019-04-05

Similar Articles

1-10 of 144

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>