GAMBARAN JENIS JAMBAN DAN TEMPAT SAMPAH DI DUSUN GUNUNG KAWUNG DESA CIKUNIR KECAMATAN SINGAPARNA TAHUN 2019

Authors

  • Drs. Ade Yasin, M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v11i1.242

Keywords:

Jenis Jamban, Tempat Sampah

Abstract

  1. ABSTRAK

Sanitasi merupakan salah satu komponen dari kesehatan lingkungan yaitu perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup bersih untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya, dengan harapan dapat menjaga dan meningkatkan kesehaan manusia (Suprihatin, 2015). Upaya sanitasi dasar pada masyarakat diantaranya jamban sehat dan pengelolaan sampah (Celesta dan Fitriyah, 2019). Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran jenis jamban dan tempat sampah di Dusun Gunung Kawung, Desa Cikunir Kecamatan Singaparna 2019.

           Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di wilayah Dusun Gunung Kawung sebanyak 948 orang. Tehnik samping adalah total sampling. Variabel yang diteliti adalah Jenis jamban  dan ketersediaan tempat sampah. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa mayoritas tempat sampah terbanyak yaitu menggunakan tempat sampah terbuka yaitu sebanyak 602 orang (63,6%). Serta mayoritas jenis jamban yang banyak digunakan yaitu leher angsa sebanyak 234 orang (40.8 %)

Rekomendasi peneliti adalah Mengadakan penyebaran informasi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tempat sampah dan jenis jamban yang memenuhi syarat kesehatan

 

     Kata kunci : Jenis Jamban. Tempat sampah

Published

2020-02-24

Similar Articles

1-10 of 108

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>