ANALISIS PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERSONAL HYGINE SAAT MESNTRUASI DI DESA CINTARAJA TAHUN 2017

Authors

  • Santi Susanti STIKes Respati
  • Yuliana Meliani STIKes Respati

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v8i1.331

Keywords:

pengetahuan, personal hiegine, menstruasi

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak ke masa dewasa dimana remaja sedang mengalami perubahan baik fisik maupun psikologis . Jumlah remaja di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di Indonesia menurut Biro Pusat Statistik tahun 2009, kelompok umur 10-19 tahun adalah sekitar 22% dari jumlah penduduk, yang terdiri dari 50,9% remaja lakilaki dan 49,1% remaja perempuan. Remaja perempuan mulai mengalami menstruasi dan diperlukan pengetahuan yang cukup untuk menjaga kesehatan reproduksi selama masa mesntruasi sehingga terhindar dari infeksi.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk menggambarkan pengetahuan remaja tentang personal hygine saat menstruasi. Populasi adalah seluruh remaja putri di wilayah desa Cintaraja. Pengambil sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analaisis univariat.

Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan remaja tentang personal hygine saat mesntruasi sebagian besar dalam ategori kurang yaitu 19 orang (47,5%). Tiga belas remaja (32,5%) berada dalam kategori pengatahuan cukup dan 8 orang (20%) dalam kategori baik.

Pengetahuan remaja tentang personal hygine saat menstruasi sebagian besar kurang. Bidan dapat bekerjasama dengan karangtaruna untuk pemberdayaan remaja di bidang kesehatan reproduksi serta meningkatkan program pendidikan kesehatan reproduksi remaja dapat diselenggarakan secara reguler setiap bulan.

Published

2020-03-03

Similar Articles

1-10 of 90

You may also start an advanced similarity search for this article.