KOMUNIKASI KONSELING DALAM PELAYANAN KEBIDANAN DI INDONESIA (LITERATURE REVIEW)

Authors

  • Chanty Yunie, S.ST., M.Kes
  • Gina Ringganis

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i2.433

Keywords:

Komunikasi Konseling, Pelayanan Kebidanan

Abstract

Latar Belakang : Untuk mencapai tujuan keselamatan pasien dan mencapai pelayanan kesehatan yang maksimal, komunikasi yang efektif sangat penting, karena komunikasi adalah akar dari semua faktor lainnya Untuk memastikan kepuasan dan keselamatan pasien tersebut, maka komunikasi yang efektif harus ditekankan dalam semua program kesehatan dan diterapkan pada seluruh lini petugas yang bekerja di instansi kesehatan.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian literature review terhadap beberapa artikel yang memenuhi kriteria inklusi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu 2017 sampai 2021. menggunakan metode kuantitatif deskriptif terhadap 3 jurnal yang berkaitan. Sumber data yang digunakan merupakan penelitian terdahulu yang dapat diakses melalui google scholar.

Hasil Penelitian : Kualitas pelayanan mensyaratkan bagi suatu intansi/organisasi agar mampu melakukan penyajian pelayanan secara maksimal kepada konsumen dengan tujuan supaya konsumen memperoleh kepuasan dan pada akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Berdasarkan hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa promosi kesehatan merupakan salah satu cara dalam mencapai komunikasi yang efektif bagi petugas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Strategi komunikasi interpersonal dengan promosi kesehatan dilakukan juga untuk mencapai tujuan dalam membantu peningkatan keterampilan konseling dan komunikasi petugas kesehatan.

Sarana layanan kesehatan diharapkan memiliki komunikasi dengan baik agar khsusus menyampaikan informasi mengenai kesehatan dapat tersampaikan dengan baik dan jelas.

Published

2022-08-08

Similar Articles

1-10 of 65

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>