LITERATURE REVIEW: FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA MASYARAKAT DI INDONESIA

Authors

  • Bella Yusita

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i2.434

Keywords:

Faktor, Perilaku Pencegahan, Covid-19

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang merupakan coronavirus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Cara yang paling efektif memutus penularan Covid-19 yaitu dengan menerapkan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak Aman, dan Mencuci Tangan) yang merupakan satu paket protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 pada masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan faktor predisposisi, faktor pemungkin, serta faktor pendorong terhadap perilaku pencegahan Covid-19 pada masyarakat.

Penelitian menggunakan metode literature review terhadap beberapa artikel yang memenuhi kriteria kelayakan yang telah ditetapkan. Artikel yang memenuhi syarat sejumlah 18 artikel kemudian dibaca, dibuat ringkasannya lalu dianalisis dan diberikan pandangan dari peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor predisposisi yang berhubungan dengan perilaku pencegahan Covid-19 di Indonesia adalah pengetahuan (13 buah jurnal), sikap (5 buah jurnal), pendidikan (2 buah jurnal), kenyamanan menggunakan APD (1 buah jurnal) serta jenis kelamin (1 buah jurnal). Faktor pemungkin adalah sarana prasarana (2 buah jurnal), akses informasi (1 buah jurnal) serta sistem pengawasan (1 buah jurnal) dan faktor pendorong adalah dukungan keluarga (2 buah jurnal).

Kesimpulan terdapat hubungan antara faktor predisposisi (pengetahuan, sikap, tingkat pendidikan, kenyamanan APD dan jenis kelamin), faktor pemungkin (sarana prasarana, akses informasi dan sistem pengawasan), faktor pendorong (dukungan keluarga) terhadap perilaku pencegahan Covid-19 pada masyarakat di Indonesia.

Published

2022-08-08

Similar Articles

1-10 of 117

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>