EFEKTIFITAS MEDIA LEAFLET ANEMIA PADA IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN IBU DI KECAMATAN SINGAPARNA TAHUN 2019

Authors

  • Fenty Agustini, S.ST., M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i2.437

Keywords:

Efektifitas, Media Leaflet, Anemia, Ibu Hamil, Pengetahuan Ibu

Abstract

Latar Belakang : Anemia adalah suatu keadaan yang mana kadar hemoglobin dalam tubuh dibawah nilai normal sesuai kelompok orang tertentu . Dampak buruk pada janin yaitu terjadinya prematur, bayi lahir berat badan rendah, kecacatan bahkan kematian bayi . Prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia meningkat dibandingkan dengan 2013, pada tahun 2013 sebanyak 37,1% ibu hamil anemia sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 48,9% .

Metode Penelitian : Jenis   penelitian   ini   menggunakan pre experimental dengan one   group pretest   posttest design.  Penelitian  dilaksanakan  pada   bulan Oktober  2019,   populasi   ibu hamil sebanyak 86 responden secara accidental sampling. Variabel  bebas dalam   penelitian  ini adalah media leaflet. Variabel  terikatnya adalah pengetahuan   tentang   anemia pada ibu hamil. 

Hasil Penelitian : Pengetahuan ibu tentang anemia pada kehamilan sebelum   diberikan   leaflet   menunjukkan   nilai mean sebesar  41,39  dan sesudah  diberikan  leaflet menunjukkan nilai mean sebesar 63,72. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan peningkatan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan   leaflet   yang   artinya   media   leaflet efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.

Saran    bagi   ibu hamil diharapkan    dapat mencari informasi secara mandiri bisa dengan membaca media elektronik atau mengoptimalkan buku KIA terkait informasi kesehatan terutama kesehatan selama kehamilan.

Published

2022-08-08

Similar Articles

1-10 of 156

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>