LITERATURE REVIEW: PENGARUH PARITAS DI KELUARGA TERHADAP STATUS GIZI ANAK BALITA DALAM PENCEGAHAN STUNTING

  • Hapi Apriasih, SST, M.Kes STIKes Respati
Keywords: Paritas, Status Gizi, Stunting

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan beban stunting pada anak tertinggi ke-2 di kawasan Asia Tenggara. Data RISKESDAS menunjukkan bahwa prevalensi balita stunting pada 2018 mencapai 30,8 persen. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sedang mengalami masalah kesehatan masyarakat yang berat dalam kasus balita stunting. Penelitian bertujuan untuk menelaah literatur, artikel dan dokumen hasil penelitian yang mengidentifikasi pengaruh paritas di keluarga terhadap status gizi anak dalam pencegahan stunting.
Penelusuran artikel penelitian di beberapa database menggunakan kata kunci tertentu dalam periode tahun 2015-2018. Hasil penelusuran didapatkan 50 artikel tentang paritas dan hubungannya dengan status gizi balita dimana hanya 15 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Dengan Duffy’s Research Appraisal Checklist Approach didapatkan 6 artikel termasuk kategori superior paper. dianalisis melalui Telaah Kritis Artikel Review Sistematik dan Meta Analisis.
Literature review menunjukkan terdapat persamaan hasil dari ke-6 artikel yang ditelaah, bahwa paritas memberikan pengaruh terhadap status gizi balita. Jumlah anggota keluarga > 2 kemungkinan memiliki balita dengan status gizi kurang dikarenakan jumlah anak dapat mempengaruhi alokasi pendapatan keluarga dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarganya.
Mengendalikan jumlah anak dalam keluarga penting dilakukan dalam rangka pembatasan jumlah anak salah satunya dengan menggunakan alat kontrasepsi, sehingga dapat mengurangi balita dengan status gizi kurang karena pemenuhan gizi dalam keluarga yang baik.

Kata Kunci: Paritas, Status Gizi, Stunting

Published
2020-04-23