PROGRAM IBU HAMIL SEHAT KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYATAHUN 2017

Authors

  • Tupriliany Danefi STIKes Respati Tasikmalaya
  • Lilis Lisnawati STIKes Respati Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.48186/abdimas.v1i1.136

Keywords:

ibu hamil, sehat

Abstract

Kesehatan ibu hamil adalah salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan dalam siklus kehidupan seorang perempuan karena sepanjang masa kehamilannya dapat terjadi komplikasi yang tidak diharapkan. Setiap ibu hamil akan menghadapi risiko yang bisa mengancam jiwanya. Oleh karena itu, setiap ibu hamil memerlukan asuhan selama masa kehamilannya (Salmah, 2006). Angka kematian ibu (AKI) merupakan salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan suatu negara. Jumlah kematian ibu di negara berkembang tergolong tinggi seperti yang terjadi di Afrika Sub Sahara dan Asia Selatan (WHO, 2013).

Salah satu upaya yang dilakukan Departemen Kesehatan dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu adalah pelayanan kesehatan maternal yang berkualitas, yaitu melakukan pemeriksaan kehamilan atau Antenatal Care (ANC). Tujuan dari ANC adalah untuk menjaga agar ibu hamil dapat melalui masa kehamilan, persalinan dan nifas dengan baik dan selamat, serta menghasilkan bayi yang sehat (Depkes RI, 2014). Menurut Manuaba  2010 tujuan dilakukan pemeriksaan kehamilan adalah untuk memantau kemajuan kehamilan, memastikan kehamilan ibu dan tumbuh kembang janin, meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental, dan sosial ibu, mengenali secara dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi selama masa kehamilan termasuk riwayat penyakit secara umum dan pembedahan, mempersiapkan persalinan cukup bulan dan persalinan yang normal, mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI ekslusif, mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara optimal dan menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan perinatal.

STIKes Respati sebagai satu satunya sekolah tinggi ilmu kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi terhadap permasalahan terkait kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dengan kegiatan pengabdian masyarakat.  Salah satu upaya nyata STIKes Respati adalah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Program Ibu Hamil Sehat” sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan dengan kegiatan itu sebagai deteksi dini komplikasi pada ibu hamil.

Downloads

Published

2019-05-08

Issue

Section

Articles