UPAYA MERUBAH PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT PINGGIRAN SUNGAI DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN UJI KADAR BAKTERI DALAM AIR DI DESA MEKAR JATI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUNGGAK JATI TAHUN 2018

Authors

  • Astri Nurdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Riska Setiawati STIKes Respati Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.48186/abdimas.v1i1.139

Keywords:

UJI KADAR BAKTERI DALAM AIR, perilaku

Abstract

Desa Mekar Jati merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat, secara demografis desa Mekar Jati berada di pinggiran sungai irigasi KW 8, mayoritas penduduk dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah dan berprofesi sebagai buruh tani.

Kondisi tersebut berdampak kepada kondisi kesehatan warga Desa Mekar Jati yang berada dalam keadaan resiko tinggi terkena penyakit. Kontaminasi sungai oleh kotoran menyebabkan air sungai tidak layak untuk dikonsumsi dan jika tetap dikonsumsi hal tersebut akan berdampak terhadap kesehatan ibu dan anak serta munculnya berbagai penyakit yang dapat menyerang organ pencernaan, salah satunya diare.

Diare merupakan salah satu penyakit infeksi pada saluran pencernaan yang sampai saat ini merupakan masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia, morbiditas dan mortalitas dari penyakit diare masih tergolong tinggi. Secara global, angka kejadian penyakit diare sekitar 1,7 milliar kasus setiap tahunnya, dan diare setiap tahunnya diare membunuh sekitar 760.000 balita.

Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Unsika merupakan salah satu Institusi pendidikan tinggi di Kabupaten Karawang yang sudah lama membangun kerjasama dengan

 

 

 

 

 

 

 

Puskesmas Tunggak Jati, dalam bidang praktik klinik kebidanan dan program kebidanan komunitas, Desa Mekar Jati merupakan salah satu desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Tunggak Jati.

 

Downloads

Published

2019-06-28

Issue

Section

Articles