PENCEGAHAN STUNTING SEMENJAK MASA KONSEPSI MELALUI KELAS IBU HAMIL DI DESA CIKUNIR WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Santi Susanti, S.SiT., M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/m57sa346

Keywords:

Pencegahan, Stunting, Masa Konsepsi, Kelas Ibu Hamil

Abstract

Program pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan Ibu dan anak, terutama pada kelompok yang paling rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal. Hal ini ditandai dengan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Penggunaan Buku KIA diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta gizi sehingga salah satu tujuan pembangunan kesehatan nasional yaitu penurunan AKI dan AKB dapat tercapai (Kemenkes RI, Tahun 2011)

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil dalam mencegah stunting pada balita. Kegiatan ini dilakukan  bekerjasama dengan bidan desa Cikunir dalam penyelenggaraan kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil akan dilakukan 3 kali pertemuan dengan setiap pertemuan akan diberikan penyuluhan tentang pentingnya kunjungan pemeriksaan kehamilan, mencegah anemia dalam kehamilan, dan gizi pada ibu hamil. Pos test akan dilakukan pada kelompok subyek pengabdian masyarakat.

Sasaran program adalah ibu hamil yang bersedia mengikuti program sampai dengan selesai berjumlah 10 orang.  Usia kehamilan rentang 16 sampai dengan 32 minggu. Waktu pelaksanaan dilaksanakan pada tanggal 22 sd 24 Juli 2021 bertempat di desa Cikunir. Penyelenggaraan kelas ibu dilaksanakan secara online. Waktu kegiatan dilaksanakan dalam tiga (3) kali peretemuan yaitu hari Kamis sd Sabtu, tanggal 22 Juli sd 24 Juli 2021.

Penyelenggaraan kelas ibu hamil secara online merupakan solusi untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan dimasa pandemic covid-19. Kelas ibu hamil online dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan stunting dimasa kehamilan.

 

Published

2021-04-12

Issue

Section

Articles