PELATIHAN KADER POSYANDU TENTANG KONSELING GIZI PENCEGAH STUNTING TAHUN 2019

Authors

  • Chanty Yunie Hartningrum, S.SiT., M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/9deqpy81

Keywords:

Pelatihan, Konseling Gizi, Pencegah Stunting

Abstract

Masalah  stunting  menjadi  masalah  bersama  secara  global  karena  stunting balita   bukan   hanya   menimbulkan   dampak   jangka   pendek   berupa   peningkatan morbiditas  dan  mortalitas,  dan  terhambatnya  pertumbuhan  pada  anak, namunjuga berdampak jangka panjang. Dampak jangka panjang yang ditimbulkan stunting adalah peningkatan risiko penyakit infeksi dan penyakit tidak menular di masa dewasa, serta penurunan    produktivitas    dan    kemampuan    ekonomi    yang    berdampak    pada perekonomian global (Beal, Tumilowicz, Sutrisna, Izwardy, & Neufeld, 2018).

Tujuan dari  kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu tentang komunikasi konseling gizi untuk menurunkan stunting.

Sasaran  kegiatan ini adalah  15 orang kader posyandu perwakilan dari masing masing posyandu yang berada di wilayah Desa Cikunir. Tempat pelaksanaan di posyandu yang berada di wilayah Desa Cikunir. Waktu pelaksanaan kegiatan adalah bulan februari 2019

Nilai rata rata sebelum mengikuti pelatihan adalah 44  dan mengalami peningkatan nilai rata rata setelah mengikuti pelatihan adalah 68,6.

Published

2021-04-12

Issue

Section

Articles