PEMBINAAN KADER BINA KELUARGA BERENCANA DI DESA CIKUNIR TAHUN 2018

Authors

  • Hapi Apriasih, SST.,M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/ytq56m91

Keywords:

Pembinaaan, Keluarga Berencana

Abstract

Kader Bina Keluarga Berencana adalah kegiatan yang khusus mengelola kelompok/kader tentang bagaimana melakukan pembinaan pada pada akseptor keluarga berencana baik yang tidak aktif agar menjadi peserta aktif dan yang aktif agar tetap lestari beserta seluruh keluarga yang terlibat di dalamnya seperti suami, dengan penggunaan metode dan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan akseptor sehingga tercapainya visi dan  misi BKKN yaitu menghasilkan keluarga berkualitas dengan ikut KB berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader dan berada ditingkat RW.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:bSetelah mendapatkan pelatihan tngkat pengetahuan kader dan keterampilan kader dalam melaksanakan konseling dapat meningkat.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah 10 orang kader posyandu. Tempat pelaksanaan  bertempat di STIKes Respati Tasikmalaya, Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober s.d November Tahun 2018.

Nilai rata rata sebelum mengikuti pelatihan adalah 47 dan mengalami peningkatan nilai rata rata setelah mengikuti pelatihan adalah 68.

Published

2021-04-12

Issue

Section

Articles