UPAYA PENINGKATAN PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI DI STIKes RESPATI

Authors

  • Hariyani Sulistyoningsih, S.KM., M.KM
  • Sinta Fitriani, S.KM., M.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/shz0pj32

Keywords:

Peningkatan, Perilaku Kespro, Remaja

Abstract

Kesehatan reproduksi remaja merupakan kondisi kesehatan yang menyangkut masalah kesehatan organ reproduksi, yang kesiapannya dimulai sejak usia remaja ditandai oleh haid pertama kali pada remaja perempuan atau mimpi basah bagi remaja laki-laki. Kesehatan reproduksi remaja meliputi fungsi, proses, dan sistem reproduksi remaja. Sehat yang dimaksudkan tidak hanya semata-mata bebas dari penyakit atau dari cacat saja, tetapi juga sehat baik fisik, mental maupun sosial (Harnani et al., 2015).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswsi STIKes Respati tentang kesehatan reproduksi, khususnya mengenai personal hygiene organ reproduksi perempuan.

Sasaran kegiatan adalah mahasiswi STIKes Respati Tasikmalaya tingkat 1 sejumlah 20 orang.Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020 Pada Pukul 09.00-12.00 WIB

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan mendapatkaan respon positif dari sasaran sehingga tujuan kegiatan ini diharapkan dapat tercapai. Sebanyak 20 orang mahasiswi mendapatkan informasi yang tepat tentang personal higiene organ reproduksi perempuan. Perlu memperluas kegiatan promotif sebagai sarana penyebarluasan  informasi dengan memanfaatkan berbagai media dan sarana yang disesuaikan dengan kondisi peserta, baik secara online maupun offline (tatap muka langsung).

Published

2021-04-12

Issue

Section

Articles