KELAS IBU HAMIL PENTINGNYA ANTE NATAL CARE (ANC) PADA MASA KEHAMILAN DI DESA CIKUNIR TAHUN 2019

Authors

  • Santi Susanti, S.SiT., M.Kes
  • Selly Tri Rahayu
  • Chana Eva Ariani
  • Silviya Yulianti
  • Astriani Fauziah

DOI:

https://doi.org/10.48186/1jk8g302

Keywords:

Ibu Hamil, ANC, Kehamilan

Abstract

Program pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan Ibu dan anak, terutama pada kelompok yang paling rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal. Hal ini ditandai dengan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang perawatan kehamilan, persiapan persalinan dan nifas, serta memberikan bimbingan senam pada ibu hamil.

Sasaran program ini adalah ibu-ibu hamil dengan usia kehamilan 22 minggu sd 32 minggu yang ada di desa Cikunir wilayah kerja puskesmas Singaparna. Kelas ibu hamil dilaksanakan di madrasah desa Cikunir. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 November 2019.

Kelas ibu hamil meningkatkan penguasaan ibu hamil terhadap gerakan senam hamil. Bidan disarankan untuk melaksanakan kelas ibu hamil setiap bulan dan mengajarkan senam hamil.

Published

2021-10-19