FORUM KABUPATEN TASIKMALAYA SEHAT (FKTS) : PEMBINAAN KAMPUNG GIZI DI KECAMATAN SINGAPARNA

Authors

  • Dadan Yogaswara, S.KM, M.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/xffdcr04

Keywords:

Pembinaan, Kampung Gizi

Abstract

Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Barat yang memiliki masalah stunting sangat tinggi sekitar 41,7%, termasuk dalam 64 kabupaten prioritas Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019 serta merupakan salah satu dari 100 kabupaten/kota prioritas intervensi stunting oleh pemerintah (TNP2K, 2017). Salah satu hal yang menyebabkan kurang berhasilnya upaya penurunan stunting di Kabupaten Tasikmalaya adalah kurang optimalnya koordinasi dan kerjasama lintas sektor terkait penanggulangan masalah stunting. Hal ini turut memberikan kontribusi terhadap ketidaktahuan dan ketidakpahaman sektor lain diluar kesehatan tentang masalah stunting, baik penyebab maupun dampak yang ditimbulkan serta daerah mana saja yang banyak terjadi masalah stunting. Kondisi ini menyebabkan sektor lain di luar kesehatan belum menggunakan masalah stunting sebagai salah satu dasar dalam perencanaan program dan kegiatan termasuk dalam hal penetapan lokus dan target sasaran (Prihartini, dkk, 2016). Maka dari itu peneliti mengambil topik mengenai pembinaa Kampung Gizi di  Kecamatan Singaparna.

Tujuan dari kegiatan ini adalah, 1) Meningkatnya pengetahuan kader di Kecamatan Singaparna. 2) Menurunnya masalah gizi di Kecamatan Singaparna. 3) Meningkatnya Kesehatan Masyarakat.

Sasaran dari kegiatan ini dalah Kader Se-Kecamatan Singaparna. Bertempat di Kecamatan Singaparna dan akan dilaksankaan pada Bulan Oktober 2019.

Kegiatan pembinaan Kampung Gizi Di Kecamatan singaparna berjalan dengan baik dan tujuan dari kegiatan tersebut tercapai. Kegiatan tersebut diterima dengan baik terutama oleh pemerintah di Kecamatan Singaparna.

 

Published

2021-10-19