PROMOSI KESEHATAN DI TATANAN SEKOLAH MELALUI EDUKASI MENGENAI PENYAKIT CACINGAN PADA SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI GUNUNGSARI

Authors

  • Ai Ratih
  • Alifa Syarrofa Marwah
  • Denis Aryanti
  • Rani Nurdianti

DOI:

https://doi.org/10.48186/nspd0y27

Keywords:

Edukasi, Penyakit Cacingan

Abstract

Kecacingan atau cacingan merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang berhubungan erat dengan kondisi lingkungan. Prevalensi dan intensitas kecacingan masih tinggi terutama pada balita, anak sekolah dasar serta orang yang dalam pekerjaannya sering berhubungan dengan tanah seperti petani, pekerja perkebunan dan pertambangan sekitar 80-90%. Telur tumbuh dalam tanah liat, lembab dan tanah dengan suhu optimal 30° C. lnfeksi cacing terjadi bila telur yang infektif masuk melalui mulut bersama makanan atau minuman yang tercemar atau melalui tangan yang kotor.

Tujuannya yaitu 1)Memberi pemahaman dan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan untuk tidak jajan sembarangan. 2)Siswa menjadi tahu mengenai tanda-tanda adanya cacingan. 3)Memberi pemahaman mengenai cara menjaga Kesehatan. 4)Mengetahui informasi tentang cacingan. 5) Mengetahui dampak dari penyakit cacingan.

Terdiri dari siswa/i laki-laki dan perempuan yang berjumlah 26 orang (kelas 3 SD). Kegiatan ini berlokasi di SMA N 2 Adapun tempat dan waktu dilaksanakan kegiatan di SDN 1 Gunungsari, Pada hari Rabu  tanggal 24 November 2021.

Cacingan adalah penyakit infeksi parasit cacing yang tinggal dalam usus manusia. Jenis cacing yang bisa menginfeksi tubuh manusia sangat beragam, mulai dari cacing gelang, cacing pita, hingga cacing tambang. Infeksi akibat cacing tersebut dapat mengakibatkan terjadinya anemia, gangguan gizi, pertumbuhan dan kecerdasan.

 

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles