PROMOSI KESEHATAN MELALUI EDUKASI MENGENAI PUBERTAS PADA REMAJA DI SMPIT AL-MUNAWWAR JARNAUZIYAH

Authors

  • Viana Fauzia Nuraina
  • Jajang Nurjaman

DOI:

https://doi.org/10.48186/2vjk4917

Keywords:

Edukasi, Pubertas, Remaja

Abstract

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Pasa masa ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua.

Tujuannya yaitu 1)Memberi pemahaman dan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan berani untuk menghadapi masa pubertas. 2)Remaja menjadi tahu apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi masa pubertas. 3)Memberi pemahaman mengenai cara menjaga kesehatan reproduksi. 4)Mengetahui informasi tentang bahaya seks bebas. 5)Mengetahui dampak dari pergaulan bebas

Terdiri dari siswa perempuan dan siswa laki-laki yang berjumlah kurang lebih 20 orang. Adapun tempat dan waktu dilaksanakannya kegiatan yaitu di SMPIT Al Munawwar, pada jum'at 26 november 2021.

Pubertas ialah suatu periode dimana kematangan kerangka dan seksual terjadi dengan pesat terutama pada awal masa remaja. Meskipun perkembangan ini biasanya mengikuti suatu urutan tertentu, namun urutan dari kematangan seksual tidak sama pada setiap anak, dan terdapat perbedaan individual dalam umur dari perubahan-perubahan. Pada saat ini pertumbuhan tinggi badan terjadi amat cepat.

 

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles