PEMANFAATAN MODUL POSBINDU PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN KADER POSBINDU PTM DI DESA CIKUNIR TAHUN 2019

Authors

  • Wuri Ratna Hidayani, S.KM., M.Sc
  • Hesti Adzani Ramadhanti
  • Imelda Sintya

DOI:

https://doi.org/10.48186/d1hdcn83

Keywords:

Modul, Posbindu, Kader, Penyalit Tidak Menular (PTM), Pengetahuan

Abstract

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, berbagai akses memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan transportasi. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai kemudahan hidup manusia seperti adanya akses internet, social media, televise, game online. Perkembangan teknologi ini memberikan dampak positif dan berdampak negative juga bagi kesehatan manusia. Hal ini menjadikan adanya peningkatan penyakit tidak menular semakin meningkat, istilah ini biasa disebut transisi epidemiologi

.Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan masyarakat khususnya kader PTM pentingnya Posbindu PTM dengan pemanfaatan buku modul Posbindu PTM.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah Kader Posbindu PTM di Desa Cikunir Kecamatan Singaparna. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring bertempat di Madrasah Pamengpeuk Desa Cikunir. Waktu pelaksanaan kegiatan ini pada hari Jum’at, tanggal  30 Agustus 2021 Pukul 13.00-15.00 WIB.

Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dapat disimpulkan bahwa adanya kenaikan pengetahuan kader dari hasil pengisian Pre Test dan Post Test. Dari 16 kader semua mengisi pre dan post test. Berdasarkan isian Pre dan Post Test dapat diketahui bahwa nilai rata-rata Pre Test adalah 65,62 dan rata-rata nilai Post Test adalah 81,75. Sebanyak 16 kader mengalami kenaikan nilai dari Pre Test ke Post Test (100,0%).

 

 

 

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles