DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN SIKAP POSITIF KEPALA KELUARGA DALAM MENCEGAH PERILAKU MEROKOK DALAM RUMAH DI DUSUN ANGGARAJA DESA CIKUNIR TAHUN 2019

Authors

  • Ros Rosmiati, S.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/v21w7696

Keywords:

Demontrasi, Kepala Keluarga, Mencegah, Perilaku, Merokok

Abstract

Merokok merupakan kegiatan berbahaya bagi kesehatan tubuh karena menurut badan kesehatan dunia (WHO) rokok merupakan zat adiktif yang memiliki kandungan kurang lebih 4000 elemen, dimana 200 elemen di dalamnya berbahaya bagi kesehatan tubuh menambahkan bahwa racun yang utama dan berbahaya pada rokok antara lain tar, nikotin, dan karbon monoksida.

Meningkatnya sikap positif kepala keluarga tentang upaya  pencegahan perilaku merokok dalam rumah di Dusun Anggaraja Desa Cikunir Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah Kepala Keluarga yang terdapat anggota keluarga yang  merokok dalam rumah sebanyak 25 orang. Kegiatan dilaksanakan selama 2 bulan dari mulai tahapan perencanaan, sosialisasi, pelaksanaan dan pelaporan. Adapun untuk kegiatan edukasi kesehatan melalui metode demonstrasi dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2019 pukul 15.30 di Masjid Nurul Hidayah dengan dihadiri oleh 23 sasaran.

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah edukasi kesehatan melalui metode desmonstrasi terbukti dapat meningkatkan sikap positif kepala keluarga tentang pencegahan perilaku merokok dalam rumah.

 

 

 

 

 

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles