PEMICUAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU STOP BABS DI RW 11 RT 01 GUNUNG HEULANG DUSUN ANGGARAJA DESA CIKUNIR KABUPATEN TASIKMALAYATAHUN 2019

Authors

  • Gan Gan , S.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/ef76bd66

Keywords:

Pemicuan, Perilaku, BABS

Abstract

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016 Penduduk dengan akses terhadap fasilitas sanitasi yang layak sebanyak 40,45% sedangankan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupate Tasikmalaya jumlah penduduk dengan akses terhadap sanitasi yang layak sebanyak 68,1% (Profil Dinkes Kab Tasikmalaya : 2016). Dari data profil Puskesmas Singaparna pada tahun 2016 Kecamatan Singaparna yang melakuan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dari jumlah 8 desa. Sedangkan di Desa Cikunir yang memenuhi syarat STBM atau sanitasi yang layak sebanyak 47% serta  dusun Anggaraja merupakan wilayah dengan akses fasilitas sanitasi yang layak dari jumlah 86 yang tidak layak sebanyak 7%.

Meningkatkan sikap positif sasaran  setelah di intervensi melalui pemicuan stop BABS Di RW 11 RT 02 Gunung heukang Dusun Angaraja Desa Cikunir Tasikmalaya.

Sasaran dari kegiatan ini adalah kepala keluarga Di RW 11 RT 02 Gunung heulang Dusun Angaraja Desa Cikunir Tasikmalaya sebanyak 22 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selam 1 bulan yang mencakup tahapan perencanaan, Persiapan, Sosialisasi, Pelaksanaan , Pelaporan Untuk kegiatan edukasi dilaksanakan pada bulan September 2022 di Balai Desa Cikunir. Kegiatan bina suasana, sosialisasi mengenai BABS, pemetaan tran sect, walk, simulasi air terkontaminasi, kesepakatan bersama. Dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2019 di Gunung Heulang Angaraja Desa Cikunir Tasikmalaya.

Pemicuan merupakan pendekatan promosi kesehatan yang efektif dalam merubah sikap responden karena terjadi perubahan. Pemicuan ini startegi yang sangat tepat karena bukan hanya mengetahui faktor apa yang menyebabkan warga BAB dimana tapi warga bisa menyadari BAB sembarangan bisa mencemari lingkungan mereka dan mempunyai keinginan untuk mengelola jambannya.

 

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles