OPTIMALISASI KELAS IBU HAMIL DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF TENTANG PENTINGNYA IMUNISASI DI DUSUN GUNUNG KAWUNG DESA CIKUNIR KECAMATAN SINGAPARNA TAHUN 2019

Authors

  • Indah Yulia Citra, S.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/2x3tgz20

Keywords:

Optimalisasi, Ibu Hamil, Sikap Positif, Imunisasi

Abstract

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Beberapa penyakit menular yang termasuk ke dalam Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) antara lain TBC, Difteri, Tetanus, Hepatitis B, Pertusis, Campak, Polio, radang selaput otak, dan radang paru-paru. Anak yang telah diberi imunisasi akan terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya tersebut,yang dapat menimbulkan kecacatan atau kematian. (Profil Kesehatan Indonesia 2015)

Meningkatkan sikap positif ibu tentang pentingnya imunisasi  melalui kelas ibu hamil Di Dusun Gunung Kawung Desa Cikunir Tasikmalaya.

Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu hamil yang berada di wilayah Gunung Kawung Desa Cikunir sebanyak 14 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan yang mencakup tahapan perencanaan, Persiapan, Sosialisasi, Pelaksanaan, Pelaporan. Untuk kegiatan kelas ibu hamil dilaksanakan pada  hari Jum’at, 15 Maret 2019 di Madrasah Al-Hidayah.

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah edukasi kesehata dalam kegiatan kelas ibu hamil memiliki pengaruh terhadap peningkatan sikap positif ibu hamil tentang pentingnya imunisasi.

 

 

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles