PENINGKATAN PERSEPSI POSITIF TENTANG PENCEGAHAN STUNTING PADA MASA KEHAMILAN MELALUI PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA VIDEO EDUKASI NUJUH BULANAN DI DESA CIKUNIR KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2022

Authors

  • Sinta Fitriani, S.KM., M.KM
  • Chanty Yunie, SST,M.Kes
  • Subhan Fajri

DOI:

https://doi.org/10.48186/zjkmn677

Keywords:

Kehamilan, Stunting, Budaya

Abstract

Stunting  adalah  suatu permasalahan  gizi  yang  ada  di  negara  miskin dan berkembang.  Kondisi  ini  menjadi  sebuah permasalahan  gizi  karena  dapat  meningkatkan risiko terjadinya    kesakitan    dan kematian, perkembangan    otak    sub-optimal sehingga terlambatnya perkembangan motorik.

Tujuan dari kegiatan ini adalam meningkatkan persepsi positif ibu hamil tentang pencegahan stunting pada masa kehamilan di Desa Cikunir Kecamatan Singaparna Tahun 2022.

Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu hamil yang berada di wilayah Desa Cikunir sebanyak 31 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan yang mencakup tahapan perencanaan, persiapan, sosialisasi, pelaksanaan , pelaporan. Untuk kegiatan edukasi dilaksanakan pada bulan September 2022 di Balai Desa Cikunir.

Kesimpulan dari kegiatan edukasi kesehatan melalui pendekatan budaya dan media video nujuh bulanan dapat meningkatkan persepsi positif ibu hamil untuk melakukan pencegahan stunting pda masa kehamilan.

Published

2022-10-17