POLA PENCARIAN INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI INDONESIA (LITERATURE REVIEW)

Authors

  • Hariyani Sulistyoningsih, S.KM., M.KM
  • Sinta Fitriani, S.KM., M.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i2.443

Keywords:

Pola Pencarian, ,Informasi, Reproduksi

Abstract

yang akurat untuk pertimbangan melakukan suatu tindakan. Perilaku penemuan informasi ini merupakan upaya menemukan sesuatu sebagai akibat dari adanya kebutuhan untuk memenuhi tujuan tertentu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dalam menyusun perencanaan program promosi dan edukasi kesehatan reproduksi bagi remaja.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian literature review terhadap beberapa artikel yang memenuhi kriteria inklusi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu 2019 sampai 2021. menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan merupakan penelitian terdahulu yang dapat diakses melalui google scholar.

Hasil Penelitian : Pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dapat ditingkatkan dengan melakukan pendidikan kesehatan. Sejalan dengan penelitian Debbiyantina pada remaja SMA di wilayah Jakarta Selatan bahwa pengetahuan remaja yang baik akan memiliki sikap yang positif, sebesar 82% tidak memiliki faktor risiko perilaku seks remaja. Penggunaan smartphone sudah dilakukan sejak dini, sehingga pemberian informasi kesehatan reproduksi juga bisa dilakukan sejak dini, terlebih usia pubertas pada remaja sudah semakin dini pula.

Sarana layanan kesehatan diharapkan memiliki media sosial resmi yang khsusus menyampaikan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja. Informasi pada media ini dikemas  dan disajikan dengan menarik, sesuai dengan karakteristik remaja.

Published

2022-08-08

Similar Articles

1-10 of 75

You may also start an advanced similarity search for this article.