GAMBARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 12 BULAN YANG DIBERI ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK DIBERI ASI EKSKLUSIF DI DESA BARUMEKAR KECAMATAN PARUNGPONTENG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2017

Authors

  • Mutiah AMd.Keb
  • Hapi Apriasih, SST, M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v9i1.81

Keywords:

ASI Eksklusif, ASI Non Eksklusif, Pertumbuhan, Perkembangan

Abstract

Pemberian ASI Eksklusif sangatlah penting bagi bayi karena nutrisi yang baik pada masa bayi, dapat menyebabkan kesehatan yang baik, pertumbuhan dan perkembangan yang optimal selama beberapa bulan pertama kehidupan. Hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di Kabupaten Tasikmalaya tahun 2016 cakupan ASI Eksklusif adalah 33,71 % dari target sebesar 65,5%, dan di Wilayah Kerja Puskesmas Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya merupakan puskesmas ke-1 terendah masalah cakupan ASI Eksklusif sebesar 8,1%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pertumbuhan dan perkembangan Anak Usia 12 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan yang tidak diberi ASI Eksklusif. Penelitian ini bermanfaat sebagai masukkan bagi ibu untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pemberian ASI Eksklusif.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan observasional. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Barumekar Kecamatan Parungponteng dengan waktu penelitian bulan Maret-April 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden anak usia 12 bulan yang diberi ASI Eksklusif sebanyak 11 orang, dan yang tidak diberi ASI Eksklusif sebanyak 19. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, KMS dan KPSP. Analisa data menggunakan analisa univariat dengan menggunakan rumus persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan anak usia 12 bulan yang diberikan ASI Eksklusif ada pada kategori normal (100%), sedangkan yang tidak diberi ASI Eksklusif ada pada kategori tidak normal (36,8%). Perkembangan anak usia 12 bulan yang diberi ASI Eksklusif ada pada kategori sesuai (100%), sedangkan yang tidak diberi ASI Eksklusif hanya beberapa orang yang meragukan (15,8%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 12 bulan dapat dipengaruhi oleh pemberian ASI Eksklusif. Disarankan masyarakat/ ibu yang mempunyai anak usia 12 bulan untuk memperdalam mengenai manfaat ASI Eksklusif, dan harus memberikan ASI Eksklusif minimal 6 bulan setelah bayi baru lahir, agar pertumbuhan dan perkembangan anak optimal

Published

2018-02-09

Similar Articles

1-10 of 137

You may also start an advanced similarity search for this article.