GAMBARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAYI DENGAN RIWAYAT BBLR DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS PAGERAGEUNG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2017

Authors

  • Laras Sekarkinanti
  • Tupriliany Danefi, SST, M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v9i1.83

Keywords:

BBLR, pertumbuhan dan perkembangan, bayi

Abstract

Kejadian Berat Badan Lahir Rendah di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya tahun 2016 mengalami peningkatan dari tahun 2015. Pada tahun 2015 kejadian BBLR sebanyak 30 bayi (4,12%), sedangkan tahun 2016 menjadi 32 bayi (4,18%). BBLR sering kali menyebabkan komplikasi. Komplikasi jangka panjang diantaranya gangguan pertumbuhan dan gangguan perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan riwayat BBLR di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2017. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu kebidanan khususnya tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 28 bayi yang memiliki riwayat BBLR dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar format DDST atau observasi dan kuesioner dan diolah dengan menggunakan analisisunivariat.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar bayi dengan riwayat BBLR mengalami pertumbuhan yang sesuai. Pada perkembangan bayi didapatkan hasil perkembangan tingkah laku sosial, bahasa dan motorik halus mengalami perkembangan yang sesuai tetapi pada perkembangan motorik kasar sebagian besar mengalami perkembangan yang tidak sesuai.

Simpulan penelitian ini yaitu bayi dengan riwayat BBLR mempunyai resiko kecil untuk mendapatkan keterlambatan pertumbuhan namun mempunyai resiko lebih besar terjadinya keterlambatan perkembangan khususnya perkembangan motorik kasar. Saran kepada tenaga kesehatan serta orangtua untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi serta memberikan stimulasi secara optimal.

 

Published

2018-02-09

Similar Articles

1-10 of 184

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>