PENGARUH HYPNOBREASTFEEDING PADA IBU HAMIL TRIMESTER III TERHADAP KECUKUPAN ASI PADA BAYI DI PUSKESMAS KAHURIPAN KECAMATAN TAWANG KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2018

Main Article Content

Igna Siti Napilah Hj. Yulia Endang Astiriyani

Abstract

Menyusui adalah proses pemberian ASI kepada bayi sejak lahir oleh ibu setelah melahirkan. Beberapa faktor bisa menghambat ketersediaan ASI sehingga menyebabkan bayi tidak cukup ASI, salah satunya adalah faktor psikologis ibu. Hypnobreastfeeding dapat membantu ibu meningkatkan produksi ASI dan mengurangi stress laktasi dengan cara menanamkan afirmasi positif ke dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hypnobreastfeeding terhadap kecukupan ASI pada bayi.


Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experiment design dengan rancangan penelitian postest only control group design. Populasi yaitu 50 orang ibu hamil multigravida di wilayah kerja Puskesmas Kahuripan. Teknik pengambilan sampling yaitu total sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi, terdiri dari 25 orang dengan perlakuan Hypnobreastfeeding, dan 25 orang sebagai kelompok kontrol. Analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Mann Withney U Test.


Kecukupan ASI dengan kategori cukup diperoleh hasil sebesar 52% pada kelompok intervensi dan sebesar 24% pada kelompok kontrol. Hasil uji Mann Withney U Test diperoleh hasil dengan (ρvalue) 0,020 kurang dari α (0,05) sehingga H0 ditolak atau terdapat pengaruh hypnobreastfeeding terhadap kecukupan ASI pada bayi.


Terdapat pengaruh hypnobreastfeeding terhadap kecukupan ASI pada bayi. Diharapkan bidan terus memberikan pelayanan maksimal untuk keberhasilan ibu menyusui khususnya dengan melakukan Hypnobreastfeeding ini.

Article Details

Section
Articles