STUDI KASUS ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAME KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019

Authors

  • Asri Novia Nurfalah
  • Tupriliany Danefi

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v14i1.487

Keywords:

Ibu Hamil Trimester III, Anemia

Abstract

Penyebab langsung kematian ibu di Indonesia diantaranya masih didominasi oleh perdarahan (42%), salah satu penyebab perdarahan adalah anemia. Data Puskesmas Sukarame tahun 2017 tercatat sebanyak 143 (31,43 %) ibu hamil yang mengalami anemia. Pada tahun 2018 tercatat sebanyak 43 (19,63

%) ibu hamil yang mengalami anemia. Meskipun terjadi penurunan secara signifikan namun keadaan ini mengindikasikan bahwa anemia masih menjadi masalah kesehatan pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sukarame. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran Kasus Anemia Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sukarame Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019.

Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menggambarkan faktor risiko, komplikasi dan penatalaksanaan anemia pada ibu hamil. Responden ibu hamil trimester III dengan anemia yang berjumlah 2 orang.

Hasil penelitian, faktor risiko terjadinya anemia pada subjek I diantaranya yaitu status ekonomi, pendidikan, umur ibu dan kepatuhan konsumsi tablet Fe sedangkan pada subjek II diantaranya yaitu status ekonomi, kepatuhan konsumsi tablet Fe, jarak kehamilan, paritas dan status gizi serta ditemukan adanya komplikasi pada persalinan yang disebabkan anemia pada subjek I yaitu retensio plasenta sedangkan pada subjek II yaitu atonia uteri.

Berdasarkan karya tulis ilmiah dapat disimpulkan faktor risiko terjadinya anemia pada subjek I diantaranya yaitu status ekonomi, pendidikan, umur ibu dan kepatuhan konsumsi tablet Fe sedangkan pada subjek II diantaranya yaitu status ekonomi, kepatuhan konsumsi tablet Fe, jarak kehamilan, paritas dan status gizi serta ditemukan adanya komplikasi pada persalinan yang disebabkan anemia pada subjek I yaitu retensio plasenta sedangkan pada subjek II yaitu atonia uteri. Ibu hamil hendaknya lebih memperhatikan kesehatan selama kehamilan dengan cara meningkatkan kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet Fe selama kehamilan sesuai dengan anjuran petugas kesehatan dan meningkatkan konsumsi makanan bergizi.

Published

2023-02-06

Similar Articles

1-10 of 116

You may also start an advanced similarity search for this article.