LITERATURE RIVIEW :FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET Fe PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI INDONESIA

Authors

  • Muhamad Jamaludin

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i1.425

Keywords:

Faktor, Kepatuhan, Tablet Fe, , Ibu Hamil

Abstract

Anemia  terjadi  akibat  rendahnya  kandungan hemoglobin    dalam    tubuh    semasa    hamil   atau kurangnya   sel-sel   darah   merah   di   dalam   darah biasanya   dengan kadar   hemoglobin   dibawah   11   gr%. proporsi anemia pada ibu hamil di Indonesia mengalami peningkatan dari 37.1% menjadi 48.9%. Salah satu usaha pemerintah untuk mencegah anemia pada ibu hamil yaitu melalui program pemberian tablet besi. Kementerian Kesehatan menganjurkan agar ibu hamil mengkonsumsi paling sedikit 90 tablet besi selama kehamilan.Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh faktor predisposing (pengetahuan, sikap dan motivasi), faktor enabling (Pemeriksaan Antenatal Care, efek samping) faktor reinforcing(dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan) yang berhubungan dengan kepatuhan konsumsi tablet Fe Ibu Hamil trimester III.

Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review terhadap 9 jurnal yang berkaitan. Sumber data yang digunakan merupakan penelitian terdahulu yang dapat diunduh melalui google scholar.

Hasil penelitian berdasarkan literature review terhadap 9 jurnal menunjukan untuk faktor predisposing pada variabel pengetahuan didapatkan 8 jurnal, variabel sikap 4 buah jurnal dan variabel motivasi 3 jurnal. Untuk faktor enabling pada variabel kunjungan Antenatal Care didapatkan 1 jurnal dan variabel efek samping 1 jurnal.Untuk faktor reinforcing pada variabel dukungan keluarga didapatkan 5 jurnal dan variabel dukungan tenaga kesehatan 3 jurnal.

Published

2022-02-04

Similar Articles

1-10 of 149

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>