HUBUNGAN KONSUMSI TABLET FE DAN LAMA KONSUMSI TABLET FE TERHADAP ANEMIA DALAM KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CISAYONG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2018

Authors

  • Santi Susanti STIKes Respati
  • Marpungah Tunisa STIKes Respati

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v9i2.338

Keywords:

Anemia Dalam Kehamilan, Tablet Fe, Lama Konsumsi Fe

Abstract

Angka kematian maternal dan perinatal merupakan indikator keberhasilan pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan kebidanan dan perinatal. Sampai saat ini angka kematian maternal dan perinatal di Indonesia masih cukup tinggi. Perdarahan sebagai penyebab tertinggi merupakan dampak dari komplikasi atau penyakit saat kehamilan dan persalinan seperti anemia. Prevalensi anemia pada ibu hamil berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya tahun 2016 berkisar 3.137 orang (6,3%) dari 49.853 orang. Data Puskesmas Cisayong kasus anemia pada kehamilan tahun 2015 sebanyak 207 orang (20,82%) dari 994 ibu hamil, sedangkan pada tahun 2016 mengalami peningkatan dimana jumlah ibu hamil anemia sebanyak 244 orang (21.65%) dari 1127 ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara faktor konsumsi tablet Fe dan faktor lama mengkonsumsi tablet Fe terhadap kejadian anemia dalam kehamilan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di wilayah puskesmas Cisayong periode Januari sampai dengan April 2018 berjumlah 454 orang. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Tekhnik pengambilan data adalah menggunakan data sekunder. Instrumen yang digunakan adalah format ceklist untuk mengetahui anemia pada ibu hamil, konsumsi tablet fe, dan lama mengkonsumsi tablet Fe. Analisis data menggunakan analisis bivariate dengan menggunakan Uji kai kuadrat
Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi tablet Fe dengan anemia dalam kehamilan menunjukkan nilai p=0,00 sehingga disimpulkan bahwa hubungan antara konsumsi tablet Fe dengan anemia dalam kehamilan signifikan. Hubungan antara lama mengkonsumsi tablet Fe dengan anemia dalam kehamilan menunjukkan nilai p sama dengan 0,62. Jika menggunakan tingkat signifikansi α sama dengan 0,05 maka nilai p(0,62) lebih dari α(0,05), sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara lama mengkonsumsi tablet Fe dengan anemia dalam kehamilan.
Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsumsi tablet Fe dengan anemia dalam kehamilan dan tidak ada hubungan antara lama mengkonsumsi tablet Fe dengan anemia dalam kehamilan. Saran untuk ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi tablet Fe selama kehamilan secara rutin dan teratur. Ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin sehingga dapat meningatkan penyerapan Fe dalam mencegah anemia dalam kehmailan.

Published

2018-08-31

Similar Articles

1-10 of 170

You may also start an advanced similarity search for this article.