GAMBARAN FAKTOR USIA, PARITAS SERTA SOSIAL EKONOMI IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DI KECAMATAN SUKARAME KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2014

Authors

  • Sinta Fitriani, S.KM,MKM

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v6i1.47

Keywords:

Anemia ibu hamil, umur, paritas, sosek

Abstract

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya anemia gizi khususnya pada ibu hamil adalah 49,6 %. Sedangkan  Anemia ada ibu hamil Di Kecamatan Sukarame berjumlah 125 kasus dari 255 ibu hamil atau 40% (Dinkes Tasikmalaya, 2013). Dampak yang timbul ibu hamil yang mengalami anemia yaitu mengakibatkan kematian janin didalam kandungan, abortus, cacat bawaan, kematian perinatal dan BBLR, hal ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas ibu dan kematian perinatal semakin lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisis faktor umur ibu, paritas serta sosial ekonomi ibu hamil dengan anemia di Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014.

Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang mengalami anemia  dalam  kehamilan.  Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik  total sampling dimana yang menjadi sampel adalah seluruh populasi yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat.

Berdasarkan  tabel  dapat  diketahui  bahwa  distribusi  responden berdasarkan umur paling banyak termasuk golongan umur lebih dari tahun  yaitu sebanyak 21 orang (60 %) dan umur 20 – 35 tahun yaitu 9 orang (25,71%) serta 5 orang (14,28%) berusia kurang dari 20 tahun.Tabel lain menunjukan bahwa sebagian besar paritas responden adalah Grandepara  yaitu  sebanyak 21  orang  (60%),  multipara  sebanyak 11  orang (31.42%), serta primipara sebanyak 3 orang (8.57%). Serta  distribusi  responden berdasarkan pekerjaan paling banyak sebagai IRT Yaitu sebanyak 21 Orang (60%), dan minoritas sebagai wiraswasta yaitu sebanyak 5 orang (14.28).

Nutrisi ibu hamil mejnadi prioritas dalam pencegahan anemia. Optimalisasi PMT bagi ibu hamil dengan status ekonomi kurang serta pendistribusian konsumsi Fe sekaligus memaksimalkan peran keluarga dalam memotivasi ibu untuk mengkonsumsi Fe.

Downloads

Published

2015-02-06

Similar Articles

1-10 of 129

You may also start an advanced similarity search for this article.