GAMBARAN UMUR DAN PARITAS IBU YANG MENGALAMI ABORTUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIAWI TAHUN 2012.

Authors

  • Ayu Rosita, SST, M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i2.25

Keywords:

Abortus, Umur, Paritas

Abstract

Aborsi telah dilakukan oleh 2,3 juta perempuan. Diperkirakan diseluruh dunia setiap tahun terjadi 40-70 aborsi per 100 wanita usia produktif. Umur ibu merupakan salah satu faktor resiko terjadinya abortus, dalam kurun reproduksi sehat dikenal bahwa usia aman dalam kehamilan, persalinan dan kelahiran yaitu 20-35 tahun. Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas  Ciawi pada tahun 2011 ditemukan jumlah kejadian abortus sebanyak 71 kasus. Tujuan penelitian  adalah Gambaran umur dan paritas ibu yang mengalami abortus di Wilayah Kerja Puskesmas  Ciawi Tahun 2012.

Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  kuantitatif  dengan  metode deskriptif . Populasi dalam penelitian adalah seluruh ibu yang mengalami abortus di wilayah PKM DTP Ciawi tahun 2011 yang berjumlah 71 orang. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan data yang diambil dari laporan Poned PKM Ciawi tahun 2011. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Analisis ini menghasilkan distribusi frekuensi untuk menggambarkan tiap-tiap variabel yang akan diteliti

Hasil penelitian adalah sebagian besar ibu hamil yang mengalami abortus di wilayah  PKM DTP Ciawi tergolong umur 20-35 tahun, serta sebagian besar ibu hamil yang mengalami abortus di PKM DTP Ciawi termasuk nullipara. 

Kesimpulan dan saran dalam penelitian ini adalah sebagian besar ibu hamil yang mengalami abortus di wilayah  PKM DTP Ciawi tergolong umur 20-35 tahun, serta sebagian besar ibu hamil yang mengalami abortus di PKM DTP Ciawi termasuk nullipara. Sehingga dibuat saran yang direkomendasikan adalah Diharapkan   Puskesmas   lebih   meningkatkan   pemahaman masyarakat  terhadap  masalah  kesehatan  reproduksi  khususnya  asuhan selama kehamilan melalui konseling, penyuluhan dan pemberdayaan posyandu. Pihak Puskesmas mencari faktor utama penyebab kejadian abortus pada ibu hamil. 

Downloads

Published

2013-08-14

Similar Articles

1-10 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>