GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENGETAHUAN AKSEPTOR SUNTIK TENTANG KONTRASEPSI SUNTIK DI DESA KURNIABAKTI KECAMATAN CIAWI TASIKMALAYA TAHUN 2012

Authors

  • Fenty Agustini, SST.,M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i1.13

Keywords:

Umur, Pendidikan, Pekerjaan, Paritas, Akseptor KB

Abstract

Pertumbuhan penduduk (Growth Rate) di Indonesia dewasa ini tidak menggembirakan. Karena angka kelahiran masih cukup tinggi. Tanpa adanya pengendalian laju pertumbuhan penduduk maka usaha-usaha dibidang pembangunan ekonomi dan sosial yang telah dilaksanakan dengan maksimal, kurang berfaedah. Tujuan umum penulisan adalah untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Akseptor Suntik Tentang Kontrasepsi Suntik Di Desa Kurniabakti Kecamatan Ciawi Tasikmalaya Tahun 2012. Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan, pengetahuan dibidang kesehatan dan dapat menambah informasi bagi pembangunan ilmu kebidanan khususnya pelayanan Keluarga Berencana.  

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh akseptor KB suntik di Desa Kurniabakti Kecamatan Ciawi Tasikmalaya Tahun 2012 dengan jumlah 45 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling dan menggunakan kriteria. Analisa data dengan menggunakan persentasi dengan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan akseptor KB suntik di Desa Kurniabakti Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tahun 2012 termasuk kategori kurang yaitu sebanyak 45 orang atau 66,3 persen dan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya pengetahuan akseptor KB suntik yaitu umur, pendidikan, pekerjaan dan paritas. 

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penyebab rendahnya pengetahuan akseptor KB suntik yaitu umur, pendidikan, pekerjaan dan paritas. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan untuk dijadikan tambahan dokumentasi penelitian mahasiswa sebagai acuan pengetahuan ilmu kebidanan tentang alat kontrasepsi Suntik.

Downloads

Published

2013-02-13

Similar Articles

1-10 of 89

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>