PENGARUH PEMBERIAN TABLET FE TERHADAP PERUBAHAN KADAR HB PADAREMAJAPUTRI DI PONDOKPESANTRENMIFTAHULKHOERTASIKMALAYATAHUN 2018

Authors

  • Emut Haolatul Mutmainnah
  • Siti Saadah Mardiah
  • Endang Astiriyani

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v9i2.89

Keywords:

Tablet Fe, Kadar Hb, remaja putri

Abstract

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan di seluruh dunia terutama negara berkembang yang diperkirakan 30% penduduk dunia menderita anemia. Remaja putri memiliki risiko sepuluh kali lebih besar untuk menderita anemia dibandingkan dengan remaja putra. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Pondok Pesantren Miftahul Khoer Tasikmalaya pada remaja putri pada usia 14-20 tahun dari 10 orang remaja setelah dilakukan cek kadar Hb didapatkan sebanyak 8 orang (80%) memiliki kadar Hb kurang dari 12 gr/dl dan sebanyak 2 orang (20%) memiliki kadar Hb lebig dari 12 gr/dl. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tablet Fe terhadap perubahan kadar Hb pada remaja putri.

            Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre eksperimen denganrancangan Pretest-Posstest. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri usia 14-20 tahun yang mengalami anemia ringan sebanyak 28 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling yaitu sebanyak 28 orang.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja putri sebelum dilakukan pemberian tablet Fe seluruhnya mengalami anemia ringan yaitu 28 orang (100%), sedangkan sesudah dilakukan pemberian tablet Fe remaja putri tidak mengalami anemia yaitu sebanyak 27 orang (96,4%). Hasil uji perubahan kadar Hb diperoleh nilai t-hitung sebesar -13,031 dengan tingkat signifikansi (ρvalue) sebesar 0,000, yang berarti bahwa ada pengaruh pemberian tablet Fe terhadap perubahan kadar Hb pada remaja putri.

            Hendaknya petugas kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan dan sosialisasi Fe pada remaja mengenai anemia serta melakukan pendekatan dengan pihak pesantren untuk pemantauan kadar Hb pada remaja putri setiap 6 bulan sekali.

Published

2018-08-31

Similar Articles

1-10 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.