GAMBARAN STATUS GIZI IBU HAMIL YANG MELAHIRKAN BAYI DENGAN BBLR PUSKESMAS CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2014

Authors

  • Aam Nursalam, S.KM,M.Mkes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v6i1.46

Keywords:

Status gizi ibu hamil, BBLR

Abstract

Dari data yang diperoleh dari Wilayah Kerja Puskesmas Cigalontang ada 148 ibu bersalin dan ada 51 ibu yang melahirkan bayi yang berat badannya kurang dari 2500 gram, Faktor   penyebab   masalah   kurang   gizi   yang menimpa ibu saat hamil merupakan faktor yang berperan atas tingginya kejadian BBLR .  Masa    kehamilan  merupakan  periode  yang  sangat  penting  bagi pembentukan kualitas sumber daya manusia dimasa yang akan datang, karena tumbuh kembang anak akan sangat ditentukan oleh kondisi pada saat janin dalam kandungan. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui Gambaran status gizi ibu hamil yang melahirkan bayi dengan BBLR Puskesmas Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi untuk kelompok kasus pada penelitian ini adalah Bayi yang berat  badannya rendah  (BBLR) dan memiliki data lengkap dalam buku register  yaitu sejumlah 76 bayi. Tehnik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen dalam penelitian adalah buku register Puskesmas Cigalontang. Analisis data yang digunakan adalah univariat.

Hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas ibu hamil yang memiliki bayi BBLR adalah gizi kurang (89,4%). 

Simpulan dari  penelitian didapatkan bahwa mayoritas ibu hamil yang memiliki bayi BBLR adalah gizi kurang (89,4%).Rekomendasi saran adalah untuk calon ibu hamil persiapan menghadapi kehamilan salah satunya adalah status gizi pada ibu. Dimana gizi ibu akan menentukan keadan gizi bayinya. Ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup dalam menjaga kebutuhan ibu dan janinnya. Bagi ibu hamil dengan gizi kurang memerlukan upaya pemantauan status gizi secara berkala serta mendapatkan bantuan PMT (pemberian makanan tambahan)

Downloads

Published

2015-02-06

Similar Articles

1-10 of 128

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>