GAMBARAN PENGETAHUAN, PENDIDIKAN DAN SOSIAL EKONOMI IBU YANG MEMILIKI BAYI DENGAN BERAT LAHIR RENDAH DI KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2016

Authors

  • Setiawan Setiawan STIKes Respati
  • annisa Rahmidini STIKes Respati

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v8i1.345

Keywords:

pengetahuan, pendidikan, sosial ekonomi, BBLR

Abstract

Salah satu penyebab kematian bayi yang angka kejadiannya paling tinggi adalah berat badan lahir rendah (BBLR). BBLR adalah bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram tanpa memandang masa gestasi. Berat lahir rendah adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah lahir. Berdasarkan data Puskesmas Singaparna pada tahun 2015 yang didapatkan di wilayah Puskesmas Singaparna terdapat 44 Bayi dengan BBLR.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi dengan BBLR di wilayah Kecamatan Singaparna yaitu 34 orang. Cara Pengambilan Sampel dilakukan dengan cara total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner 10 pertanyaan untuk pengetahuan, 1 pertanyaan untuk pendidikan dan 1 pertanyaan untuk social ekonomi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Analisis ini menghasilkan distribusi frekuensi untuk menggambarkan tiap-tiap variabel yang akan diteliti.

Hasil penelitian menyatakan bahwa mayoritas pengetahuan ibu yang memiliki bayi dengan BBLR di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya termasuk kategori kurang yaitu 64,7%, pendidikan ibu yang memiliki bayi dengan BBLR adalah tamat SD yaitu 67,6%, tingkat social ekonomi ibu yang memiliki bayi dengan BBLR termasuk kategori kurang dari UMR yaitu 76,5%.

Diharapkan dapat meningkatkan upaya pencarian informasi untuk mendapatkan pengetahuan yang baik tentang kebutuhan gizi selama hamil serta mencegah faktor resiko penyebab bayi dengan BBLR.

Published

2017-02-21

Similar Articles

1-10 of 113

You may also start an advanced similarity search for this article.