DETERMINAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG OLEH WANITA USIA SUBUR DI DESA BEUSI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2014

Authors

  • Roschidah Putri Rizani STIKes Respati Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v10i1.103

Keywords:

Pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang, wanita usia subur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang oleh wanita usia subur. Jenis penelitian adalah Kuantitatif dengan metode non eksperimen (observasional analitik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubunngan yang signifikan antara umur, jumlah anak, pengetahuan, sikap, efek samping, status kesehatan dan biaya terhadap pemilihan MKJP oleh WUS di desa Beusi Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka 2014 dengan nilai p value kurang dari 0,05. Dan yang merupakan faktor dominan terhadap pemilihan MKJP adalah penghasilan.
Simpulan dari hasil penelitian diharapkan agar memilih metode kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan dan dapat memanfaatkan program pemerintah terkait Keluarga Berencana bersubsidi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, sehingga tetap dapat menggunakan MKJP sebagai upaya pencegahan resiko tinggi pada akseptor.

Published

2019-04-05

Similar Articles

1-10 of 155

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>