GAMBARAN EFEK SAMPING METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG DI KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2014

Authors

  • Hapi Apriasih, SST.,M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v6i1.42

Keywords:

Efek samping, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang

Abstract

Alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk  menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan, yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD, implant, metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) paling efektif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan MJKP salah satunya adalah keluhan efek samping yang terjadi. Berdasarkan data di Kecamatan Singaparna cakupan penggunaan MJKP masih rendah dibandingkan dengan metode kontrasepsi hormonal.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran efek samping metode kontrasepsi metode jangka panjang di Desa Cikunir Kec Singaparna Kab Tasikmalaya Tahun 2014.

Metode penelitian  yang digunakan adalah kuantitatif,  jenis penelitian deskriptif. Pengumpuan data yang digunakan adalah data primer dengan instrumen penelitian  kuesioner. Sampel terdiri dari 23 orang akspetor KB AKDR dan 1 orang akseptor KB implant. Analisis data yang digunakan adalah univariat.

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian akseptor MJKP mengalami efek samping meskipun tidak semua efek samping terjadi. Untuk kontrasepsi AKDR yang paling banyak adalah perdarahan pada saat haid (30,4%),  keputihan (21,7%), perdarahan bercak dan diluar haid serta nyeri alat kelamin suami (4,3 %), nyeri yang berlebih dan mules perut bagian bawah (2,6%) dan demam  serta keputihan yang berbau (0 %). Sedangkan Akseptor KB implant dari 1 orang mengalami efek samping berupa tidak haid, rasa nyeri pada lengan dan sakit kepala hebat.

Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian akseptor KB jangka panjang mengalami efek samping tetapi tidak sampai mengalami gangguan kesehatan.  Saran penelitian ini adalah meningkatkan konseling tentang KB pada pasangan suami istri, menyediakan fasilitas yang memadai, memfasilitasi tenaga kesehatan untuk pelatihan.

Downloads

Published

2015-02-06

Similar Articles

1-10 of 140

You may also start an advanced similarity search for this article.