HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SUAMI TENTANG ALAT KONTRASEPSI PRIA DENGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI DI KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2013

Authors

  • Hapi Apriasih, SST.,M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v5i1.28

Keywords:

Pengetahuan, Penggunaan Kontrasepsi

Abstract

Saat ini Indonesia telah mulai melaksanakan pembangunan yang berorientasi pada keadilan dan kesetaraan gender dalam keluarga berencana dan kesehatan reproduksi tetapi persentase penggunaan alat kontrasepsi pria baru sekitar 3,5 persen, sebagian di antaranya berupa vasektomi. Berdasarkan data di Kecamatan Singaparna cakupan penggunaan KB pria masih rendah dibanding penggunaan KB lain yaitu hanya 0,53% (10 orang akseptor MOP dan 35 orang akseptor kondom).Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan suami tentang alat kontrasepsi pria dengan penggunaan kontrasepsi di kecamatan singaparna kabupaten tasikmalaya tahun 2013.

Metode penelitian  yang digunakan adalah kuantitatif,  jenis penelitian analitik dengan desain case control. Kasus yaitu suami PUS yang menggunakan alat kontrasepsi sebanyak 45 orang dan kontrol yaitu suami PUS yang tidak menggunakan alat kontrasepsi sebanyak 180 orang, Pengumpuan data yang digunakan adalah data primer dengan instrumen penelitian kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji Chi-square.

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa p value sebesar 0,000 artinya terdapat hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan kontrasepsi pria. Suami atau responden yang berpengetahuan baik berpeluang sebesar 21,38 kali lebih besar untuk menggunakan kontrasepsi dibandingkan dengan pria yang berpengetahuan kurang.

Kesimpulan penelitian ini adalah faktor  pengetahuan memberikan hubungan yang positif terhadap penggunaan alat kontrasepsi pria di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun 2013  Saran penelitian ini adalah meningkatkan konseling tentang KB pada pasangan suami istri, penambahan jenis alat kontrasepsi pria dan kegiatan yang lebih ditekankan pada praktik.

Downloads

Published

2014-02-13

Similar Articles

1-10 of 94

You may also start an advanced similarity search for this article.