GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI DI DESA SIMPEN KIDUL KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN GARUT TAHUN 2012.

Authors

  • Purwati AM. Keb, SKM,MARS

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i2.24

Keywords:

Dukungan suami, Persiapan persalinan

Abstract

Pada tahun 2012 di Desa Simpen Kidul, jumlah ibu hamil sebanyak 87 orang, masih ada ibu yang bersalin di paraji sebanyak  12 orang, dan  yang bersalin di bidan sebanyak 31 orang, dengan tenaga kesehatan 1 orang bidan dan 1 orang mantri, ternyata   persalinan yang di tolong oleh nakes masih rendah. Salah  satu  peran  serta  suami  selama kehamilan  dalam  rangkamerencanakan persiapan persalinan adalah suami dapat memastikan persalinanistrinya di tolong oleh tenaga kesehatan terlatih dan aman,bersalin di fasilitas kesehatan yang   memadai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran dukungan suami di Desa Simpen Kidul Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut Tahun 2012. 

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metoda deskriptif  yaitu  menggambarkan  dukungan  suami  dengan  rencana  persiapan  yang  ibu  lakukan  dalam persalinannya.. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh ibu hamil yang berada di Desa Simpen Kidul Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut periode Mei sampai Juni 2012 yaitu 87 orang. Instrument  dalam  penelitian  berupa  format  kuesioner  yang  ditujukan kepada  ibu  hamil  untuk  menggambarkan  dukungan  suami dengan persiapan persalinan Sebanyak 20 pertanyaan. Analisis univariat dilakukan untuk mendeskripsikan dua variabel yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dukungan suami dalam persiapan persalinan pada ibu hamil di Desa Simpen Kidul Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut Tahun 2012 ada pada kategori mendukung. Serta persiapan persalinan ibu hamil di Desa Simpen Kidup Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut tahun 2012 ada pada kategori kurang. 

Kesimpulan  penelitian didapatkan bahwa dukungan suami dalam persiapan persalinan pada ibu hamil di Desa Simpen  Kidul Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut Tahun 2012 ada pada kategori mendukung. Serta persiapan persalinan ibu hamil di Desa Simpen Kidup Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut tahun 2012 ada pada kategori kurang. Sehingga rekomendaasi saran yang diberikan adalah Suami  harus  memberikan  dukungan  dalam  persiapan  persalinan kepada istrinya dan membantu istri mempersiapkan persalinan serta pemberi pelayanan lebih meningkatkan fasilitas pelayanan serta media informasi khususnya persiapan persalinan di fasilitas kesehatan agar bersalin sehat, aman dan nyaman.

Downloads

Published

2013-08-14

Similar Articles

1-10 of 58

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>