PERSEPSI DAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID 19 PADA ANAK SEKOLAH KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Sinta Fitriani, S.KM., M.KM

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v12i1.369

Keywords:

Covid 19, dan perilaku pencegahan

Abstract

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Cara yang paling efektif dalam memutus penularan Covid-19 yaitu dengan menerapkan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan 3M yang terdiri dari Memakai Masker, Menjaga Jarak Aman, dan Mencuci Tangan yang merupakan satu paket protokol kesehatan yang sangat diperlukan oleh masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 (Satuan Tugas Penanganan Covid-19, 2020) Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui gambaran persepsi dan perilaku pencegahan Covid 19.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja berusia 10 – 21 tahun. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana kriteria inklusi adalah remaja usia 10 – 21 tahun, domisili Kota Tasikmalaya, bersedia menjadi responden dengan mengisi form dari tanggal 01 – 13 Februari 2021 didapatkan 138 responden. Variabel yang diteliti adalah persepsi dan perilaku pencegahan Covid 19. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dengan disajikan dalam tabel atau diagram distribusi frekwensi.

Hasilk penelitian adalah Terdapat 87 % responden memiliki persepsi penularan Covid 19 melalui saluran pernafasan, terdapat 87,7 % responden yang memiliki persepsi Covid 19 hanya diderita oleh lansia. Terdapat 84,7%  responden yang menggunakan masker  sebagai upaya pencegahan Covid 19. Terdapat 74,6% responden yang menghindari kerumunan sebagai upaya pencegahan Covid 19tTerdapat 79 % responden yang melakukan CTPS sebagai upaya pencegahan Covid 19

Untuk meningkatkan persepsi yang positif serta perilaku pencegahan Covid 19 sebaiknya sasaran berusaha mencari informasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Published

2021-02-22

Similar Articles

1-10 of 184

You may also start an advanced similarity search for this article.