FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS CIHIDEUNG KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2012

Authors

  • Dadan Yogaswara, SKM,MKM

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i2.26

Keywords:

status gizi, pendapatan orang tua, perilaku, kejadian diare pada balita

Abstract

Jumlah balita yang diperiksa dan didiagnosis terkena diare pada bulan JanuariFebuari 2012 yaitu 70 orang. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap kejadian diare di puskesmas Cihideung adalah faktor lingkungan yang mencakup keberadaan jamban, dimana masih banyak balita yang menggunakan sarana pemandian umum. Faktor lain yang dapat meningkatkan kejadian diare adalah pendapatan orang tua dan status gizi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian diare pada balita di Wilayah Puskesmas Cihideung

Kota Tasikmalaya tahun 2012

Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei analitik dengan pendekatan  cross sectional.    Populasi dalam penelitian ini adalah semua balita yang berada di wilayah kerja puskesmas Cihideung tahun 2012.   Sampel dalam penelitian ini adalah balita yang berada di wilayah kerja puskesmas Cihideung dan diperiksa di puskesmas Cihideung pada bulan Mei 2012. analis yang digunakan adalah  Analisis univariat menghasilkan distribusi, frekuensi, dan proporsi dari berbagai karakteristik. Disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel yang diteliti maka digunakan analisis data dengan menggunakan rumus Chi square.

Hasil penelitian  didapatkan responden yang menderita diare 18 balita dan tidak diare 45 balita. Status gizi di puskesmas Cihideung kota Tasikmalaya yang tergolong gizi lebih 2 balita, gizi baik 43 orang, gizi kurang 15 dan gizi buruk 3 balita. Mayoritas responden mempunyai pendapatan lebih dari UMR (66,7%) dan sebagian besar masyarakat mempunyai perilaku baik terhadap kesehatan (61,9%).Serta terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kejadian diare pada balita,terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan orang tua dengan kejadian diare pada balita, terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku dengan kejadian diare pada balita.

Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi,pendapatan orang tua,  serta perilaku dengan kejadian diare pada balita. Meningkatkan pendidikan kesehatan terutama tentang pengertian diare, penyebab, cara penularan, dan pencegahan kepada masyarakat, sehingga dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang penyakit diare.

Downloads

Published

2013-08-14

Similar Articles

1-10 of 181

You may also start an advanced similarity search for this article.