GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG MASA PUBER DI SDN PENGADILAN KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2013

Authors

  • Dadan Yogaswara, SKM,MKM

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v5i1.32

Keywords:

Pengetahuan, masa puber

Abstract

Dibeberapa negara maju pubertas terjadi pada usia yang semakin dini, beberapa anak perempuan telah mengalami pubertas pada usia yang baru mencapai 7 tahun. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Pengadilan  didapatkan banyak siswa yang mengalami pubertas dini, khususnya pada siswa kelas VI. Sebanyak 80 persen siswa kelas VI sudah mengalami perubahan pada tubuhnya, khususnya perubahan fisik yang tidak mereka sadari.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang masa puber di SDN pengadilan Kota Tasikmalaya tahun 2013.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa Kelas VI SDN Pengadilan  sebanyak 34 orang, terdiri dari 17 orang putri dan 17 orang putra. Sampel dalam penelitian ini, diambil dengan total sampling yaitu Semua Siswa Kelas VI SDN Pengadilan sebanyak 34 orang. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner. Jenis pertanyaan adalah pertanyaan tertutup.

Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan remaja tentang pengertian masa puber sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu 76,47%, tentang  perubahan fisik masa puber sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu 76,47% serta  tentang perubahan psikologis masa puber sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu 55,88% dan pengetahuan remaja tentang masa puber sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu 58,82%.

Rekomendasi penelitian adalah diharapkan penelitian ini dijadikan masukan dan bahan pertimbangan kepada institusi pendidikan untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang masa puber pada remaja secara benar dan tepat.

Downloads

Published

2014-02-13

Similar Articles

1-10 of 105

You may also start an advanced similarity search for this article.