GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KUNJUNGAN IBU YANG MEMILIKI BALITA KE POSYANDU DI DESA CIDADALI KECAMATAN CIKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2012.

Authors

  • Tupriliany Danefi, SST. M.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i1.16

Keywords:

Posyandu, pengetahuan ibu, kunjungan

Abstract

Posyandu sebagai wahana alih informasi dan teknologi dari petugas kesehatan kepada masyarakat, pada masa krisis ekonomi keberadaannya kurang menggembirakan (Depkes RI, 2001). Berdasarkan studi pendahuluan, didapatkan adanya penurunan jumlah kunjungan peserta Posyandu di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya dari 544 orang menurun menjadi 104 orang bulan Pebruari 2011. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan kunjungan ibu yang memiliki balita ke posyandu di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya tahun 2012.

Jenis penelitian yang digunakan adalah  kuantitatif dengan metode  deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya tahun 2012. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 540 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah simpel random sampling sehingga didapatkan  semua ibu yang mempunyai balita sejumlah 63. Dalam penelitian ini menggunakan Analisa univariat dilakukan untuk mendeskripsikan variabel pengetahuan dan kunjungan ibu yang memiliki balita ke posyandu. 

Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang posyandu di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya tahun 2012 sebagian besar termasuk kategori kurang. Serta tingkat kunjungan balita ke posyandu di Desa Cidadali Kecmatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya tahun 2012 sebagian besar termasuk kategori tidak pernah. 

Saran yang direkomendasikan adalah instansi kesehatan dapat meningkatkan fasilitas pelayanan di posyandu sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan dasar bagi masyarakat. 

Downloads

Published

2013-02-13

Similar Articles

1-10 of 153

You may also start an advanced similarity search for this article.