FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN LANJUT USIA UNTUK BERKUNJUNG KE POSBINDU TAWANG SARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAWANG KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2012

Authors

  • Aam Nursalam, SKM,MM.Kes

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v4i1.18

Keywords:

Posbindu, lansia, pengetahuan, sikap, fasilitas, peran petugas

Abstract

Sekitar 15% diantaranya mengalami dementia atau pikun, di samping penyakit degeneratif lainnya seperti penyakit kanker, jantung, reumatik, osteoporosis, katarak dan lain-lain. Dementia atau pikun adalah salah satu penyakit yang ditandai gangguan daya pikir dan daya ingat yang bersifat progresif disertai gangguan bahasa, perubahan kepribadian dan perilaku (Sujudi : 2004). Menurut data SKRT (Survey Kesehatan Rumah Tangga) tahun 2007 menunjukkan angka kesakitan penduduk usia 55 tahun ke atas sebesar 25,7 persen. Berdasarkan SKRT tahun 2007 angka kesakitan usia 55 tahun 15,1%, dan menurut SKRT 20007 angka kesakitan usia 45-59 sebesar 11,6 persen (Wirakartakusumah : 2010).Di Posyandu Tawang Sari hanya ada 7 orang saja yang biasa berkunjung ke Posyandu Lanjut Usia dari 68 orang jumlah lanjut usia di daerah Posyandu Tawang Sari. Hal ini disebabkan kurangnya kemandirian dari lanjut usia dalam faktor kesehatan. Dikarenakan tidak mandirinya lanjut usia maka dalam melakukan aktivitas masih memerlukan bantuan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan lanjut usia untuk berkunjung ke Posbindu Tawang Sari di Wilayah kerja Puskesmas Tawang Kota Tasikmalaya tahun 2012.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif. Desain penelitian menggunakan pendekatan exploratory study. Populasi penelitian ini adalah seluruh usia lanjut di Posbindu Tawangsari di Wilayah Kerja Puskesmas Tawang Kota Tasikmalaya berjumlah 68 orang lanjut usia. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data primer menggunakan kuesioner sebagai pedoman pertanyaan. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan menghitung presentase dari masing-masing variabel. Pengambilan kesimpulan hasil penelitian dihitung dari rata-rata presentase penilaian setiap indikator. Hasil penelitian disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa 60,3% pengetahuan lanjut usia tentang Posbindu termasuk kategori cukup , 67,65% sikap lanjut usia terhadap Posbindu termasuk kategori baik, 100 % responden menyatakan ketersedianya sarana pelayanan kesehatan di Posbindu termasuk kategori kurang memuaskan serta 100% Responden menyatakan bahwa Gambaran sikap dan perilaku  petugas kesehatan Posbindu termasuk kategori memuaskan.

Kesimpulan menyatakan bahwa 60,3% pengetahuan lanjut usia tentang Posbindu termasuk kategori cukup , 67,65% sikap lanjut usia terhadap Posbindu termasuk kategori baik, 100 % responden menyatakan ketersedianya sarana pelayanan kesehatan di Posbindu termasuk kategori kurang memuaskan serta 100% Responden menyatakan bahwa Gambaran sikap dan perilaku  petugas kesehatan Posbindu termasuk kategori memuaskan.. Diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan sebaik mungkin. Sehingga berkunjung ke posyandu secara tertatur dan rutin ke petugas kesehatan atau tempat pelayanan kesehatan dapat mengetahui kesehatannya.

Downloads

Published

2013-02-13

Similar Articles

1-10 of 117

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>