PENGARUH PEMBERIAN MEDIA BOOKLET POLA HIDUP SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019

Authors

  • Istibsarah Idris

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i1.426

Keywords:

Media Booklet, Pengetahuan, Lansia, Pola Hidup Sehat

Abstract

Salah satu cara menanggulangi masalah kesehatan adalah mencegah kekambuhan pada penderita hipertensi melalui peningkatan pengetahuan penderita tentang pola hidup sehat, melalui pendidikan kesehatan. serta alat bantu atau media pendidikan. Media yang dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan salah satunya adalah booklet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian media booklet pola hidup sehat terhadap pengetahuan lansia hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Postest, uji yang digunakan yaitu Uji T- Dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita hipertensi usia 45-59 tahun yang datang ke posbindu di wilayah kerja Puskesmas Singaparna pada periode Januari-Maret tahun 2019 sebanyak 46 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu sebanyak 33 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner serta media booklet tentang pola hidup sehat bagi penderita hipertensi pada lansia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pengetahuan lansia hipertensi sebelum diberikan media booklet pola hidup sehat yaitu 66,33 dengan standar deviasi 19, 953, serta nilai terendah adalah 27 dan nilai tertinggi adalah 100. Rata-rata nilai pengetahuan lansia hipertensi setelah diberikan media booklet pola hidup sehat yaitu 88,03 dengan standar deviasi 8,723, serta nilai terendah adalah 63 dan nilai tertinggi 100, dan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai pengetahuan lansia hipertensi sebelum dan setelah diberikan media booklet pola hidup sehat dengan nilai P value sebesar 0,000.

Saran bagi tenaga kesehatan yaitu tenaga kesehatan dapat meningkatkan peran promotifnya melalui kegiatan konseling dan penyuluhan dalam kegiatan posbindu.

Published

2022-02-04

Similar Articles

1-10 of 124

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>