LITERATURE REVIEW:EFEKTIVITAS MEDIA PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG GIZI SISWA ANAK SEKOLAH DI INDONESIA

Authors

  • Rengga Hamzah Maulana

DOI:

https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i1.423

Keywords:

Media promosi kesehatan, Pengetahuan serta anak sekolah

Abstract

Latar belakang: Media promosi kesehatan adalah semua sarana atau upaya untuk menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator. Promosi kesehatan tidak lepas dari media karena melalui media, pesan-pesan yang disampaikan dapat lebih menarik dan dipahami, sehingga sasaran dapat lebih mempelajari pesan tersebut sehingga sampai memutuskan untuk mengadopsi perilaku yang positif. ( Notoatmodjo, 2007). Tujuan Penelitian: Mengetahui Pengaruh Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Indonesia

Metodologi Penelitian: Penelitian ini merupakan Penelitian ini merupakan penelitian data sekunder jenis literature review dari beberapa jurnal penelitian di Indonesia dengan kriteria jurnal yang direview adalah jurnal bahasa Indonesia, mengacu pada 2 jenis media berdasarkan berdasarkan bentuk umum penggunaan dan berdasarkan cara produksi sehingga didapatkan 9 buah jurnal yang direview.

Hasil Penelitian: media promosi kesehatan jenis bacaan yang efektif adalah buku saku / booklet / komik, sedangkan media promosi kesehatan jenis peragaan adalah media audio visual serta permaianan kartu bergambar.

Kesimpulan: Media promosi yang didesain semenarik mungkin disesuaikan dengan tahapan usia anak bermain memudahkan anak sekolah dalam menerima pesan kesehatan.

Published

2022-02-04

Similar Articles

1-10 of 165

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>